WIREN2U

Selasa, 07 Juli 2009

SELAMAT JALAN KING OF POP

Sore itu saya dari kantor mampir disebuah tempat disana ada TV 14 inch..namun saya kaget ketika melihat sebuah berita di SCTV tentang kepergian sang KING OF POP. Saya tidak bisa mempercayai berita tersebut karena saya baru saja mulai belajar bermain double pedal pada drum untuk lagu Smooth Criminal, dan segera menemukan bahwa Jacko memang telah tidak ada lagi di dunia ini. Bagi saya dia adalah seorang artis sejati yang memberi dorongan untuk mampu menembus banyak batasan, dan akan selalu hidup sebagai inspirator musik.

Kematiannya yang mendadak ini menurut saya datang pada saat yang tepat, di mana dia akan mengadakan konser terakhir, orang sangat penasaran akan penampilannya, dan ingatan kejayaannya masih segar di para penggemarnya. Menurut saya, kematiannya ini akan membuatnya masuk ke dalam jajaran legenda Elvis Presley, Marylin Monroe, John Lennon, dan Kurt Cobain. Sungguh sebuah akhir yang tragis namun legendaris!

michael-jackson-concert-2

Raja Pop Michael Jackson telah meninggal dunia di usia ke-50 siang hari waktu lokal (25 July 2009) di Los Angeles. Bantuan paramedis dipanggil setelah dia kesulitan bernafas dan menderita serangan jantung. Dia sudah tidak bernafas lagi ketika paramedis datang ke rumahnya. Meskipun CPR sudah dilakukan dan bantuan masker oksigen diberikan MJ tetap tidak bereaksi. Dia sempat dilarikan dari rumahnya di Los Angeles ke rumah sakit UCLA Medical Center dengan sebuah ambulans, namun nyawanya tidak tertolong lagi.

MJ sebenarnya sedang sibuk mempersiapkan comeback tournya dengan berlatih bersama Lou Ferrigno, bintang film seri The Incredible Hulk. Michael Jackson dijadwalkan untuk memulai seri tur terakhirnya di Inggris pada 13 July. Semua tiket pertunjukan sudah terjual habis beberapa jam setelah penjualan tiket dimulai. Namun itu semua tidak akan terjadi, tidak akan ada pertunjukan dari Michael Jackson lagi. Dia meninggalkan tiga anak, Michael Joseph Jackson Jr, Paris Michael Katherine Jackson dan Prince Michael Jackson II.

Karir Michael Jackson

_45973228_five_pa766

Michael Jackson, lahir di Gary, Indiana, 29 Agustus 1958, memiliki karir musik yang luar biasa. Pemahamannya mengenai dunia musik membuatnya tidak tertandingi di aliran pop. Dia berhasil menjual ratusan juta album sepanjang hidupnya.

Daftar penjualan album MJ
Off The Wall: 19 juta
Thriller: 59 juta
Bad: 28 juta
Dangerous: 29 juta
HIStory: 18 juta
Invincible: 8 juta

Dia memulai karirnya sebagai pemain tamborin di grup Jackson Five, tetapi kemudian dengan cepat mengambil peran penyanyi utama dengan hits “I Want You Back”, “I’ll be There”, dan “ABC.” Di bawah label Motown, Jackson 5 menjadi grup pop pertama di sejarah yang berhasil menjadikan 4 single pertama mereka sebagai jawara chart musik di tahun 1970. Michael dan saudara-saudaranya berpindah label ke Epic namun tidak begitu sefenomenal awal karir mereka.

MJ memulai karya solonya Off The Wall di tahun 1979 dengan hits “Don’t Stop ‘Til You Get Enough”, “She’s out of My Life” dan “Rock With You.” Tetapi yang menjadi inspirasinya adalah ketika dia bermain di film musikal The Wiz pada 1978, di mana dia bermain sebagai Scarecrow. Di sini dia bertemu Quincy Jones, produser, komposer, dan pengarah musik, dan mulai menciptakan kreasi baru bagi dunia.

_45973442_thriller_226Empat tahun kemudian album Thriller menjadi all time best album dengan penjualan 59 juta kopi di seluruh dunia. sebuah campuran dari disko, R&B, dan funk mencatatkan 7 dari 9 hit singles. MJ juga menciptakan aturan baru dalam dunia MTV dengan video klip Thriller yang disutradarai oleh John Landis dengan anggaran yang luar biasa pada masa itu. Dia menciptakan script video klip yang kemudian memberi inspirasi untuk semua artis lain. Album ini memperoleh 8 Grammy dari 12 nominasi.

Pada Maret 1983, MJ merilis “Billie Jean” dan menampilkan moonwalk untuk pertama kali. Gerakannya ini kemudian menjadi ciri khasnya.

_45973229_thriller_766

Di tahun 1985 hubungannya yang baik dengan Sir Paul McCartney - eks anggota The Beatles - menjadi buruk ketika dia berhasil memenangkan hak atas karya ATV Music Publishing Catalogue yang di dalamnya termasuk lagu-lagu karya The Beatles. Pada tahun yang sama dia menulis lagu We Are The World bersama Lionel Ritchie untuk amal bagi Afrika.

Pada tahun 1987 dia merilis album Bad dengan hits “Man in the Mirror” dan “Dirty Diana”, yang pada waktu itu mencatat rekor konser setahun penuh. Meskipun demikian, kepopulerannya mulai menurun, dan tekanan atas kepribadiannya mulai membesar. MJ mulai membangun Disneyland mini yang dia namakan Neverland sebagai tempat menikmati masa kecilnya yang tidak pernah dia rasakan.

Album Dangerous, yang dirilis tahun 1991 menampilkan sound yang lebih eksperimen dan menyegarkan dalam dunia musik. Lagu “Heal the World” dan “Black or White” menjadi hits dunia.

Pada tahun 1993 dia mengatakan kepada Oprah bahwa dia mengalami vitiligo sebuah penyakit yang membuat warna kulitnya semakin putih. Dia juga mengatakan bahwa ayahnya menyiksanya ketika dia masih anak-anak.

Di Agustus 1994, Jackson menikahi putri raja Rock n Roll Elvis Presley, Lisa Marie Presley, dan tidak lama bercerai. Namun kontroversi pelecehan anak mulai terus menderanya.

MJ mencoba menghidupkan lagi kepopulerannya dengan sebuah album kompilasi HIStory di tahun 1995. Meskipun menampilkan dua singles “You are not Alone” dan “Scream”, HIStory tidak sefenomenal album-album sebelumnya.

michael_jacksonAlbum terakhirnya Invincible di tahun 2001 tidak lagi dianggap menjual karena MJ lebih dikenal melalui karakter eksentriknya daripada musisi profesional.

Kontroversi

Satu lagu di album HIStory, “They Don’t Care About Us” mengandung lirik “Jew me, sue me”telah membuat sahabatnya Steven Spielberg menuduhnya sebagai anti-Semit.Michael Jackson

Dalam seremoni Brit Awards di London pada 1996, dia menampilkan dirinya dikelilingi oleh anak-anak dan juga seorang Rabi. Hal ini dilihat sebagai suatu hal yang keterlaluan, sehingga vokalis Pulp Jarvis Cocker naik ke panggung dan berusaha mengganggu penampilan Jackson

1 komentar:

WECODE BLOG mengatakan...

semoga diterima disisinya

Posting Komentar

TERIMAKASIH

Posting Komentar

TERIMAKASIH